Kebab..

Yep.. makanan yang satu ini emang lagi "in" di Jakarta. Saya lihat banyak counter kebab yang mulai ada di pinggir" jalan kota metropolitan ini.. Sebenarnya kebab itu apa sih?

Mari kita bahas dalam arti etimologi, kebab sebenarnya berasal dari kabab dan diambil dari Arabic atau Persian. Kata ini punya arti fried meat (daging goreng??duh agak aneh dalam bahasa Indonesia.), bukan grilled meat (daging bakar). Namun ternyata kebab mengalami banyak perkembangan seiring berjalan nya waktu, setiap negara mempunyai ciri khas dalam masing - masing kebabnya.

Shish Kebab.. Jenis kebab yang satu ini berasal dari daerah Turki.. Cara penyajian nya adalah dengan potongan daging (tidak terbatas dengan daging sapi) dadu dalam tusuk sate dan dikombinasikan dengan beberapa jenis sayur seperti tomat, bawang dan jamur yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar. (tuuuh contoh nya ada di sebelah kanan)

Lain lagi dengan Doner Kebab. Untuk yang satu ini, potongan daging dalam ukuran besar dibakar / dipanggang dengan perlahan.. Hmm, mirip kambing guling sih tapi bedanya adalah posisi pembakaran yang dibuat vertikal. Kebab ini populer di daerah Barat, bisa di bilang sebagai salah satu best selling fast food. Mungkin karena penyajian kebab ini dengan salad dan kentang goreng. (yummy..)

Oh iya variasi doner kebab juga ada yang lain loh, yaitu Kebab Roll. Bisa dilihat dari nama nya kalau penyajian kebab ini dalam bentuk roll. Kombinasi dari daging doner kebab, salad, tomat, dan sour cream yang kemudian dibungkus dengan roti bulat tipis dan digulung. Yep, penyajian nya lah yang membuat berbeda dengan doner kebab biasa.

Jenis terakhir yang akan saya bahas adalah Chelow Kabab. Makanan yang satu ini adalah makanan yang paling sering disajikan di negeri Iran. Bahan-bahan nya adalah kombinasi dai beberapa variasi kebab Persia dengan nasi, lavash (roti tipis), tomat bawang, jamur, dan beberapa sayuran lain nya. Sebagai pelengkap, kebab ini biasanya diberi doogh (yoghurt tradisional Persia), yang mempunyai cita rasa asin dan mint, terkadang dibuat dari air mineral berkarbonat.

Ok.. penjelasan di atas hanyalah 4 jenis dari banyak jenis kebab lain nya. Saya hanya mengeluarkan yang 'ultimate' saja, yang lebih banyak dikenal oleh orang Indonesia. ^_^

Apakah anda siap untuk mencoba citarasa kebab? Silakan pilih sesuai dengan keinginan dan kantong anda.. ^0^

Tidak ada komentar: